******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Sabtu, 07 Januari 2012

Kontroversi Tujuh Keajaiban Baru Dunia

Meskipun selama ini dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur tidak masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Baru Dunia (New Seven Wonders) yang diumumkan Minggu dini hari kemarin.Tujuh Keajaiban Dunia Baru itu adalah: Tembok Besar China, Petra Yordania, Patung Kristus sang Penebus Brasil, Machu Picchu Peru, reruntukan Maya di Chichen Itza Meksiko, Koloseum Roma, dan Taj Mahal India.

Daftar itu diumumkan dalam acara meriah dan gemerlap di Lisabon, Portugal. Daftar itu dipilih melalui polling yang diikuti sekitar 100 juta orang di seluruh dunia melalui internet, SMS dan telepon. ''Pertama kali inilah sedemikian banyak orang berpartisipasi dalam pemilihan global,'' kata aktris Hillary Swank saat malam pengumuman.Tujuh Keajaiban Dunia Baru itu dipilih untuk menggantikan Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang dirumuskan sejarawan Yunani Herodotus 2000 tahun lalu. Tujuh Keajaiban Kuno adalah Piramida Giza Mesir, Taman Gantung Babilon, Patung Zeus di Olympia, Kuil Artemis di Efesus, Mausoleum Maussollos Turki, patung raksasa Dewa Helios, dan Mercusuar Alexandria.Candi Borobudur memang tidak termasuk dalam daftar itu, tetapi tercantum sebagai salah satu Keajaiban Dunia yang Terlupakan (Forgotten Wonders); yakni daftar yang disusun sebagai versi lain keajaiban dunia. Forgotten Wonders antara lain termasuk Angkor Wat Kamboja dan Menara Pisa Italia.Organisasi The New Seven Wonders, selaku penyelenggara polling, didirikan oleh petualang Kanada kelahiran Swiss Bernard Weber untuk membantu pelestarian dan restorasi situs-situs bersejarah di dunia.Lembaga United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) mengritik polling itu. Menurut UNESCO, keajaiban dunia seharusnya tidak dipilih berdasarkan polling terbuka seperti yang dilakukan New Seven Wonders.


7 KEAJAIBAN DUNIA

Coba sebutkan apa saja yang masuk dalam Tujuh keajaiban Dunia? Apakah yang terdapat dalam buku pelajaran kamu di sekolah? Tahukah kamu bahwa ternyata banyak sekali versi 7 keajaiban dunia, jadi mana yang benar? Ah tidak usah khuatir, tidak ada badan resmi di dunia termasuk UNESCO (Badan PBB untuk masalah Pendidikan dan Kebudayaan) yang mengeluarkan dan mengakui 7 keajaiban dunia versi manapun.UNESCO sendiri memiliki program Situs Warisan dunia (UNESCO World Heritage Site) yang merupakan tempat-tempat di seluruh dunia yang memang dikelola UNESCO untuk dijaga kelestariannya. Hingga tahun 2004 terdapat 788 tempat yang tersebar di seluruh dunia yang masuk dalam daftar program UNESCO tersebut. Untuk negara kita Indonesia terdapat 7 lokasi yang menjadi program UNESCO yaitu : (1) Taman Nasional Komodo, (2) Taman Nasional Ujung Kulon, (3) Candi Borobudur, (4) Candi Prambanan, (5) Situs manusia purba Sangiran, (6) Taman Nasional Lorentz, dan (7) Hutan hujan tropis Sumatera.Daftar ini akan terus berkembang dan bertambah setiap tahunnya. Tapi perlu kamu ketahui bahwa setidaknya ada 7 daftar dari 7 keajaiban dunia yaitu :

1. Keajaiban dunia versi buku sekolah di Indonesia

2. Keajaiban dunia kuno

3. Keajaiban dunia Pertengahan

4. Keajaiban dunia alami

5. Keajaiban dunia Bawah Air

6. Keajaiban Dunia Modern

Keajaiban dunia Baru Keajaiban dunia versi pertama, yaitu yang pernah kamu kenal dari buku-buku pelajaran di sekolah yaitu :

1. Ka'bah Berada di kota Mekah di negara Saudi Arabia / Arab Saudi

2. Tembok Raksasa Cina Berada di negara RRC / Republik Rakyat China

3. Candi Borobudur Berada di negara Indonesia

4. Menara Eiffel Berada di kota Paris di negara Perancis

5. Colloseum Berada di kota Roma di negara Italia

6. Menara Condong Pisa Berada di kota Pisa di negara Italia

7. Masjid Taj Mahal Berada di negara India

Tapi dalam suatu kisah lain yang dapat menghapus keajaiban diatas yang mengingatkan kita kepada yang maha agung, seperti terdapat dalam dialog berikut ini.
Dalam suatu kelas dimana anak-anak sedang belajar, sang guru suatu saat yang senggang bertanya kepada para murid-muridnya ... “Anak-anak, coba kalian tulis tujuh keajaiban dunia yang kalian ketahui ya”, rupanya sang guru ini ingin menguji apakah para muridnya menyerap pelajarannya atau membaca mana saja sih yang disebut keajaiban dunia.

Mulailah para murid berpikir lalu menuliskan apa yang menurut mereka “keajaiban” itu, sesaat kemudian sang guru lalu meminta mereka menyebutkan apa saja yang mereka tulis, rata-rata mereka menyebutkan “keajaiban” itu adalah :
Tembok Besar China, Piramid, Angkor, Borobudur, Menara Eifel, Taj Mahal, Menara Pisa dan sebagainya ... sang guru tersenyum sampai dia melihat salah satu murid perempuan yang sedang termenung disudut dan kertasnya masih berisikan beberapa tulisan saja .. Aneh ya anak ini, diminta menulis tujuh “keajaiban” saja kelihatannya susah banget sih ... lalu dia mendekat sambil bertanya, “Apa yang membuat kamu susah menuliskan keajaiban dunia?”.
“Ya, saya sulit menuliskan keajaiban itu karena sangat banyak” demikian jawab si anak perempuan tadi, “Coba sebutkan satu persatu, mungkin teman-temanmu bisa membantu” demikian bujuk sang guru sambil tersenyum.

“Menurut saya, keajaiban dunia itu ialah : bisa melihat, bisa mendengar, bisa menyentuh, bisa merasakan”, si anak berhenti sejenak, “Bisa menyayangi sesama, bisa tertawa, bisa menangis dan bisa mencintai serta masih banyak lagi keajaiban lainnya”.
Mendengar jawaban itu sang guru dan teman-temannya terdiam ...
Teman-teman, alangkah mudah nya kita mengagungkan buatan manusia dan menamakannya “Keajaiban Dunia” sedangkan KaruniaNYA pada kita hanya kita rasakan sebagai “biasa” bukanlah suatu keajaiban ....
APAKAH KITA PERNAH MENGHARGAI, MERENUNGKAN DAN MENGAGUNG CIPTAAN SANG MAHA PENCIPTA………..?????
Cobalah kita lihat diri sendiri, kita akan menemukan banyak sekali “keajaiban” yang yang kita punyai yang berasal dariNYA dan kita harusnya bersyukur punya “keajaiban” tersebut.
Intinya semua ciptaan Maha Kuasa adalah keajaiban bagi kita.

Pengumuman 7 Keajaiban Dunia 2011


Pengumuman 7 Keajaiban Dunia 2011 yang dikeluarkan oleh pihak panitia New7Wonders of Nature melalui website resmi mereka http://www.New7Wonders.com yang diumumkan pada tanggal 11-11-2011 pukul 23.05 WIB. Pulau KOMODO masuk dalam 14 besar finalis, saya sebagai warga negara Indonesia sangat bangga, walaupun sempat baca Twitter dari panitia New7Wonders of Nature dengan judul The top 14 Finalists in the New7Wonders of Nature are dengan deg-degan mata saya cepat mencari kata kunci KOMODO, wah ternyata ada. Langsung deh rasa senang dan bangga bergelora.



Berikut ini 14 finalis yang masuk 14 besar keajaiban dunia berdasar alam ( New7Wonders of Nature). Berdasarkan penghitungan suara pada saat ini, nama-nama dari 14 Finalis teratas di New7Wonders of Nature adalah (dalam urutan abjad) :

1. Amazon, di Amerika selatan terletak di 9 negara yaitu Bolivia, Brazil, Colombia, Ecuador, French Guiana, Guyana, Peru, Suriname, Venezuela

2. Bu Tinah Island, di Uni Emerat Arab

3. Dead Sea, di Israel, Yordania dan Palistina

4. Great Barrier Reef, di Australian / Papua Nugini

5. Halong Bay, di vietnam

6. Iguazu Falls, di Brazil / Argentina

7. Jeita Grotto, di Lebanon

8. Jeju Island, di Korea Selatan

9. Kilimanjaro, di Tanzania

10. Komodo, di Indonesia

11. Masurian Lake District, di Polandia

12. Puerto Princesa Underground River, di Filipina

13. Sundarbans, di Banglades / India

14. Table Mountain. di Afrika Selatan


Yayasan New7Wonders akhirnya mengumumkan tujuh lokasi keajaiban dunia untuk kategori alam. Di antara nama-nama di dalam daftar pemenang sementara ada Pulau Komodo. Selamat!

Dalam situs resmi New7Wonders, Sabtu (12/11/2011) dinihari, tertulis pengumuman bahwa nama-nama yang tercantum adalah daftar 7 keajaiban dunia sementara berdasarkan pada perhitungan suara pada 11/11/2011. Ada kemungkinan perubahan pemenang dari daftar yang ada sekarang dengan pemenang sesungguhnya nanti.

Peringkat yang dimunculkan juga berdasarkan abjad. Bukan atas dasar peringkat jumlah perolehan suara yang dikumpulkan.

Pihak panitia saat ini masih memeriksa, menghitung dan memverifikasi secara independen jumlah perolehan suara yang masuk. Pemenang resmi akan diumumkan dan dikonfirmasi pada awal tahun 2012.

Berikut ketujuh daftar 7 keajaiban dunia versi New7Wonders berdasarkan abjad:

1). Amazon
2). Halong Bay
3). Iguazu Falls
4). Jeju Island
5). Komodo
6). Puerto Princesa Underground River
7). Table Mountain


The Provisional New 7 Wonders of Nature















Tidak ada komentar: