******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Selasa, 03 Januari 2012

Haramkah Facebook......?

Belakangan ini terdengar tentang adanya fatwa yang menyatakan bahwa facebook itu haram,
Fatwa haram atas situs jejaring sosial facebook bermula dari Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMP3) se-jawa timur di Pondok pesantren Putri Hidayatul Mubtadien, Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri Jawa Timur, yang mengharamkan komunikasi dua orang berlainan jenis yang bukan muhrim.
Fatwa ini kemudian memunculkan banyak kecaman dan kritik dari para pengguna Facebook di Indonesia.Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat tidak secara terang-terangan menerima atau menolak fatwa haram tersebut.
Sangat menarik untuk memberikan interpretasi dan mengkritisi fatwa haram tersebut terutama hubungannya dengan facebook yang keberadaannya semakin tidak terbendung di tengah-tengah kita.
Tentang munculnya fatwa haram itu sangat dimungkinkan dilatarbelakangi oleh sikap kehati-hatian mereka dalam melihat facebook ini yang barangkali dianggap justru lebih banyak mendatangkan mudarat daripada muslahatnya dan dikhawatirkan dapat meningkatkan tindakan kemaksiatan, kejahatan, dan kezaliman.Tetapi kalau teryata banyak nilai positifnya,maka fatwa tersebut harus direvisi kembali.
Dalam kaidah fikih, status hukumnya dianggap mubah (boleh), karena termasuk dalam persoalan non-ibadah.


Menurut anda facebook ini yang sedang marak di tengah-tengah kita apakah lebih banyak nilai positifnya atau nilai negatifnya?
apa pandangan anda tentang fatwa haram tersebut?
Mohon bantuannya atas pertanyaan tersebut di atas,.....terimakasih :)


sumber;wildan vai

2 komentar:

Ahli Sunah Wal Jamaah mengatakan...

Haram atau tidaknya tergantung dari niat dan pemanfaatannya, apakah untuk kebaikan atau sebaliknya.

SUGIYANTO mengatakan...

Manfaatkanlah facebook untuk menjalin silaturahmi mencari persaudaraan