******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Rabu, 21 Desember 2011

 KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu
paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan
yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat
menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
• menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di
dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra
berupa puisi, dongeng, cerita anak,
dan drama anak.
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang
lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
2
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan parafrase yang tepat
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah
petunjuk yang runtut.
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf
yang padu.
• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat
menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi
dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat
efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di
dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir sesuai dengan data yang
disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan
kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, dan ringkasan dengan
menggunakan ejaan dan pilihan kata
yang tepat; menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita,
puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
3
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat
yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
4
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB atau KPK-nya.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
1. Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga.
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang
disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
2. Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan
volume waktu serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
3. Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat
menghitung besar-besaran yang
terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep
transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
5
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4. Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan dapat
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah
selisih, dll).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar
sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
5. Memahami konsep pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan
grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari
data yang disajikan.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
6
3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
1. Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan,
manfaat tumbuhan dan hewan bagi
manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan langka
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
2. Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu
3. Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem
berdasarkan gambar rantai makanan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
4. Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia
dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
5. Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan
fungsinya, serta mampu
mengidentifikasi kebutuhan tubuh
agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
6. Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan
kegunaan, serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar
benda tertentu
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
7
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk
suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
7. Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta
manfaatnya dalam kehidupan sehari-
hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu
saklar diputus/disambung
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
8. Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang
terjadi dalam pengunaannya, serta
dampaknya bagi kehidupan.
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan.
9. Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
8
B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SDLB
4. BAHASA INDONESIA SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN,
DAN TUNA LARAS)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan paragraf sederhana, siswa dapat:
• menentukan ide pokoknya
• menentukan isi paragraf
• menentukan tema bacaan.
Disajikan bacaan sederhana dua paragraf tanpa
judul, siswa dapat:
• menentukan judul bacaan
• menyimpulkan isi bacaan
• menentukan kalimat utama paragraf pertama
• menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi
paragraf.
Disajikan bacaan sederhana, siswa dapat:
• mengartikan ungkapan pada paragraf
• menentukan sinonim kata dalam paragraf
• menentukan antonim kata dalam paragraf.
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat:
• menentukan kalimat tanya sesuai isi kalimat
• menentukan makna kata berimbuhan dalam
kalimat .
1. Membaca dan memahami berbagai
bentuk teks bacaan nonsastra dan sastra
berupa petunjuk pemakaian, kamus,
ensiklopedi, denah, teks agak panjang
(150 - 200 kata), pengumuman, pantun,
teks, percakapan, puisi, cerita anak,
kolom khusus (majalah anak, kolom dan
lain-lain), serta drama
Disajikan paragraf cerita, siswa dapat menentukan
hal yang diceritakan.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan kata yang tepat.
Disajikan 4 kalimat sederhana secara acak, siswa
dapat mengurutkannya menjadi paragraf yang padu.
Siswa dapat membuat kalimat bagian isi pada surat
permohonan izin tidak masuk sekolah.
Siswa dapat menuliskan tanggal surat dengan benar.
Siswa dapat mengisi formulir sederhana dengan
benar.
Siswa dapat melengkapi kalimat pembuka pidato
yang belum lengkap dengan kata yang tepat.
Siswa dapat melengkapi kutipan pidato dengan
kalimat penutup dengan benar.
Siswa dapat melengkapi kutipan percakapan
sederhana yang belum lengkap dengan kalimat yang
tepat.
Siswa dapat melengkapi paragraf sederhana yang
belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
Siswa dapat melengkapi penggalan cerita sederhana
yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
Disajikan sampiran pantun sederhana, siswa dapat
melengkapinya dengan bagian isi yang sesuai.
2. Menulis dan memahami berbagai bentuk
tulisan berupa petunjuk, bagian cerita
yang hilang, surat, paragraf,
pengumuman, pantun anak, karangan,
surat undangan, dialog 2-3 tokoh, laporan
ringkasan, buku poster, puisi bebas,
pengisian formulir, ringkasan,
percakapan, prosa (dari puisi), pidato,
naskah drama anak, dan surat resmi
Siswa dapat memperbaiki penggunaan kata
berimbuhan dalam kalimat.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
9
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan perbaikan kalimat
sederhana yang strukturnya salah.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
kata depan dengan benar.
Siswa dapat memperbaiki penulisan istilah yang
salah dalam kalimat.
Disajikan kalimat yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapinya dengan istilah yang tepat.
Disajikan kalimat yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapinya dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan pengumuman yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata
dalam kalimat.
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tanda baca
yang tepat.
Diberikan sejumlah kata secara acak, siswa dapat
menyusunnya menjadi kalimat yang benar.
Disajikan kalimat sederhana yang rumpang, siswa
dapat melengkapinya dengan kata yang tepat
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang
ejaannya tepat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
tanda baca koma yang tepat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
tanda baca titik dengan tepat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
tanda tanya yang tepat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
tanda seru dengan tepat.
Siswa dapat menentukan penulisan nama negara
dengan benar.
Siswa dapat menentukan penulisan nama dan gelar
dengan tepat.
Disajikan kalimat dengan nama lembaga yang
lengkap, siswa dapat menentukan akronimnya.
Disajikan kalimat yang menggunakan akronim, siswa
dapat menentukan kepanjangannya.
Disajikan kalimat perintah yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat.
Disajikan kalimat berita yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapinya dengan kata yang tepat.
Disajikan pantun, siswa dapat melengkapinya dengan
kata berima yang tepat.
Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat
menentukan watak salah satu tokohnya.
Disajikan puisi bebas, siswa dapat menentukan
amanat yang tepat.
Disajikan penggalan drama, siswa dapat menentukan
isinya.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
10
5. BAHASA INDONESIA SDLB – B (TUNARUNGU)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan cerita singkat, siswa dapat menjawab
pertanyaan dengan kata tanya:
• apa
• siapa
• kapan
• di mana
• mengapa
Siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf.
Siswa dapat menetukan topik percakapan yang
tersaji.
Disajikan dua teks singkat bertopik sama siswa dapat
menentukan topiknya.
Siswa dapat membaca jadwal keberangkatan
kendaraan.
Disajikan jadwal perjalanan kendaraan, siswa dapat
melengkapi kalimat yang sesuai dengan isi jadwal.
Siswa dapat menetukan isi petunjuk pemakaian obat.
Siswa dapat menentukan arah yang dituju dalam
denah yang tersaji.
Disajikan teks cerita anak, siswa dapat menentukan:
• tokoh utama
• watak salah satu tokoh
• latar tempat dalam cerita.
Siswa dapat menentukan isi puisi yang tersaji.
Siswa dapat menentukan isi pesan dalam pantun.
Siswa dapat menentukan arti ungkapan yang
digunakan dalam kalimat.
Siswa dapat menentukan arti kata berimbuhan yang
digunakan dalam kalimat.
• Siswa dapat menentukan antonim kata dalam
kalimat.
• Siswa dapat menentukan sinonim kata dalam
kalimat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
tanda baca secara tepat:
• titik dua
• koma
• tanda seru
• tanda tanya.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
huruf besar/kapital secara tepat.
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan
kata depan secara tepat.
1. Membaca dan memahami berbagai
wacana sastra dan nonsastra berupa
petunjuk pemakaian, kamus/EYD/
ensklopedia, denah, teks, jadwal,
paragraph, pengumuman, pantun, teks
percakapan, puisi, cerita anak, dua teks,
laporan, teks drama
• Siswa dapat menentukan subjek kalimat.
• Siswa dapat menentukan predikat kalimat.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
11
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
• Siswa dapat melengkapi kalimat awal
pengumuman yang tersaji dengan kata yang tepat.
• Siswa dapat menentukan kalimat pengumuman
yang susunan katanya tepat.
Siswa dapat melengkapi kutipan cerita dengan kata
yang tepat.
• Siswa dapat menyusun kalimat acak menjadi
paragraf yang baik.
• Siswa dapat menyusun beberapa kata menjadi
kalimat.
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan :
• kata berimbuhan
• kata penghubung
• kata ganti orang
• kata depan.
• Siswa dapat melengkapi isian blanko setoran bank
yang tersaji.
• Siswa dapat melengkapi isian kuitansi yang tersaji.
Siswa dapat melengkapi percakapan (dialog).
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
• kata tanya
• kata seru.
Siswa dapat melengkapi puisi yang tersaji dengan
kata yang tepat.
Siswa dapat menulis kalimat poster sesuai dengan
gambar yang tersaji.
• Siswa dapat melengkapi kalimat pembuka surat
undangan ulang tahun dengan kata yang tepat.
• Siswa dapat melengkapi penutup surat undangan
ulang tahun dengan kata yang tepat.
Disajikan surat yang diacak susunannya, siswa dapat
menentukan susunan yang tepat.
2. Menulis dan menyunting berbagai surat,
paragraf, pengumuman, cerita/karangan,
laporan, dialog, isi buku, poster, puisi,
formulir, percakapan, dan pidato,
jadwal/petunjuk, penggunaan ejaan, isian
blanko/kuitansi
• Siswa dapat melengkapi kalimat pembuka pidato
dengan kata yang tepat.
• Siswa dapat melengkapi penutup pidato dengan
kata yang tepat.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
12
6. MATEMATIKA SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN
TUNA LARAS)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Menentukan hasil perkalian antara bilangan tiga
angka dan dua angka.
Menentukan hasil penjumlahan bilangan bulat positif.
Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat positif dalam soal cerita sederhana
Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan
bulat positif dan negatif.
Menyelesaikan operasi hitung campuran (pembagian,
pengurangan dan penjumlahan).
Menentukan kuadrat suatu bilangan.
Menentukan penjumlahan dua bilangan berpangkat
dua (kuadrat).
Menentukan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
Menentukan FPB dari dua bilangan.
Menentukan KPK dari dua bilangan.
Menyelesaikan masalah yang kerkaitan dengan nilai
dua mata uang yang berbeda nominalnya.
Menyelesaikan masalah tentang untung-rugi dalam
kehidupan sehari-hari.
Mengubah pecahan biasa menjadi bentuk persen.
Mengubah bentuk persen ke pecahan biasa.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal.
Menentukan hasil penjumlahan dua pecahan biasa
dengan penyebut yang berbeda.
Menentukan hasil perkalian dua pecahan biasa yang
berbeda penyebut.
1. Memahami konsep bilangan bulat dan
pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya
serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
Menyederhanakan suatu pecahan ke bentuk yang
paling sederhana.
Menentukan banyak simetri tertentu bangun datar.
2. Memahami bangun datar dan bangun
uang sederhana, unsur-unsur dan sifat-
sifatnya.
Menentukan nama bangun-bangun datar sesuai sifat-
sifatnya.
Menentukan besar sudut yang dibentuk oleh dua
jarum jam.
Menentukan besaran benda dalam suatu satuan berat
tertentu ke satuan berat lainnya.
Menentukan besaran benda dalam suatu satuan
panjang tertentu ke satuan panjang lainnya.
Menyelesaikan masalah yang terkait atau melibatkan
satuan waktu.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kecepatan suatu kendaraan, waktu perjalanan, dan
jarak tempuh.
3. Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas, volume,
sudut, waktu, kecepatan, debit, serta
mengaplikasikannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
tempuh jika diketahui jarak dan kecepatan rata-
ratanya.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
13
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Menentukan luas bangun datar tertentu apabila
diketahui unsur-unsurnya.
Menentukan panjang diagonal bangun datar tertentu,
jika diketahui luas dan unsur-unsur yang lainnya.
Menentukan volume balok jika diketahui ukuran
panjang, lebar, dan tingginya.
Menentukan volume kubus jika diketahui ukuran
sisinya.
Menentukan alat ukur yang tepat untuk mengukur
suatu besaran tertentu (Kesesuaian atau
keakuratannya).
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas
satu atau gabungan dua bangun datar.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
keliling satu atau gabungan dua bangun datar.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volume kubus atau balok.
Menentukan volume prisma segitiga atau tabung
lingkaran jika diketahui unsur-unsur lainnya.
Menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya.
Membagi sekelompok data menjadi beberapa
kelompok dengan aturan tertentu.
Menentukan rata-rata hitung atau modus dari data
tunggal.
Mengurutkan data tunggal tersebut dari besar ke kecil
atau sebaliknya.
4. Mengolah, menyajikan dan menafsirkan
data.
Menentukan rentang dari sekelompok data numerik
(bilangan).
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
14
7. MATEMATIKA SDLB – B (TUNARUNGU)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Menghitung hasil penjumlahan dua bilangan tiga
angka.
Menghitung hasil pengurangan dua bilangan tiga
angka.
Menentukan hasil perkalian bilangan bulat positif
Menentukan hasil pembagian bilangan bulat positif.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
operasi perkalian bilangan bulat positif.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
operasi pembagian bilangan bulat positif.
Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan uang
Menentukan KPK dari dua buah bilangan satu
angka.
Menentukan FPB dari dua buah bilangan dua
angka.
Menentukan hasil akar pangkat dua suatu bilangan
kuadrat.
Menentukan hasil operasi hitung campuran
(penjumlahan dan pengurangan) bilangan bulat.
Menentukan hasil operasi hitung campuran
(perkalian dan penjumlahan) bilangan bulat.
Menghitung hasil operasi hitung campuran pada
bilangan bulat positif dalam soal cerita sederhana.
Mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk pecahan
biasa yang lebih sederhana.
Menghitung hasil penjumlahan dua bilangan
pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama.
Menghitung hasil pengurangan dua bilangan
pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
penjumlahan dua pecahan biasa.
Mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan
desimal.
Menentukan hasil perkalian dua pecahan biasa
dengan penyebut yang berbeda.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
perbandingan senilai.
1. Memahami konsep bilangan bulat dan
pecahan operasi hitung dan sifat-sifatnya,
serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar suatu denah berskala, siswa dapat
menentukan ukuran sebenarnya.
Disajikan gambar segitiga beserta ukurannya, siswa
dapat menghitung kelilingnya.
Disajikan gambar jajargenjang beserta ukurannya,
siswa mampu menghitung luasnya.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
luas segitiga.
2. Memahami bangun datar dan bangun
ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-
sifatnya, serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-
hari.
Menentukan gambar hasil pencerminan bangun
datar .
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
15
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan gambar bangun trapesium siku-siku
beserta ukuran panjang dan lebar, siswa dapat
menghitung luasnya.
Diberikan gambar lingkaran yang diketahui
ukurannya, siswa dapat menghitung luasnya.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
bangun segiempat.
Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat
menentukan banyak simetri lipat bangun tersebut.
Disajikan gambar bangun gabungan dari dua
bangun diketahui ukurannya, siswa dapat
menghitung luasnya.
Disajikan gambar kubus beserta ukuran sisi-sisinya,
siswa dapat menghitung volumenya.
Menentukan sudut lancip yang tersedia pada
gambar.
Menghitung jumlah dua benda yang berbeda satuan
kuantitasnya.
Mengubah satuan panjang ke satuan panjang
lainnya.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
satuan waktu (bulan atau tahun).
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
satuan berat (kg atau kwintal).
Menentukan waktu tempuh, bila jarak dan
kecepatan diketahui.
3. Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas, volume,
sudut, waktu, kecepatan, debit serta
mengaplikasikannya dalam pemecahan
masakah kehidupan sehari-hari.
Menentukan kecepatan suatu kendaraan jika waktu
dan jarak tempuh sudah diketahui.
Menentukan modus dari sekumpulan data.
4. Memahami konsep pengumpulan data
dengan tabel, gambar dan grafik
(diagram), mengurutkan data, rentangan
data, rata hitung, modus serta
menerapkannya dalam pemedahan
masalah kehidupan sehari-hari.
Disajikan data, siswa dapat menentukan rata-
ratanya.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
16
8. ILMU PENGETAHUAN ALAM SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA
RINGAN, DAN TUNA LARAS)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan pernyataan yang menunjukkan tentang ciri
khusus makhluk hidup, siswa dapat mengidentifikasi
ciri tersebut.
Siswa dapat mengelompokkan tumbuhan/hewan
berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.
Disajikan tabel hewan/tumbuhan, siswa dapat
menyebutkan cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan
tertentu.
Disajikan pernyataan daur hidup hewan tertentu secara
acak, siswa dapat menentukan urutan daur hidup hewan
tersebut.
1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk
hidup, penggolongan hewan dan
tumbuhan, cara perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan, serta
perkembangan hewan dan manusia.
Siswa dapat menyebutkan ciri perkembangan fisik anak
remaja laki-laki/perempuan.
Siswa dapat menyebutkan zat-zat yang
diperlukan/dihasilkan dalam proses fotosintesis.
Siswa dapat menyebutkan bagian yang dapat
dimanfaatkan dari hewan/tumbuhan tersebut untuk
keperluan tertentu.
2 Memahami manfaat tumbuhan dan
hewan serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menyebutkan contoh usaha melestarikan
hewan/ tumbuhan yang terdapat di daerah tertentu.
Siswa dapat menentukan rantai makanan dari suatu
ekosistem.
Siswa dapat menjelaskan contoh salah satu jenis
simbiosis pada ekosistem.
3. Memahami saling ketergantungan
antar makhluk hidup dan cara
penyesuaian dirinya terhadap
lingkungan.
Siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan/hewan
tertentu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Siswa dapat menyebutkan bagian rangka tubuh
manusia.
Siswa dapat menyebutkan bagian alat pencernaan yang
merupakan tempat proses pencernaan.
Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian tertentu pada
sistem peredaran darah.
Siswa dapat menyebutkan bagian alat pernafasan
berdasarkan fungsinya.
Siswa dapat menyebutkan alat pernafasan pada
hewan/tumbuhan.
Siswa dapat mengidentifikasi bagian alat indera
berdasarkan fungsinya.
Siswa dapat menyebutkan bagian tertentu dari
tumbuhan berdasarkan fungsinya.
Siswa dapat menyebutkan manfaat zat makanan
tertentu bagi kesehatan tubuh.
4. Memahami bagian tubuh manusia,
hewan, dan tumbuhan, beserta
fungsinya menjelaskan kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan penyakit
pada manusia.
Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh yang terganggu
akibat penyakit tertentu pada manusia.
Siswa dapat menyebutkan sifat wujud zat tertentu
(padat, cair, gas).
4. Memahami perubahan wujud benda,
kegunaannya dan pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari.
Siswa dapat menyebutkan jenis perubahan wujud
benda melalui ilustrasi.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
17
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan kegunaannya.
Siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan penerapan
pengaruh suhu terhadap benda.
Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan panas
(konduksi, radiasi, konveksi).
Disajikan beberapa nama benda, siswa dapat
menentukan jenisnya berdasarkan daya hantar
panasnya (isolator, konduktor).
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang digunakan
pada suatu kegiatan.
Siswa dapat menyebutkan contoh gaya yang dapat
mengubah bentuk atau gerak suatu benda.
Siswa dapat menyebutkan jenis pesawat sederhana
berdasarkan fungsinya.
Siswa dapat menentukan jenis energi yang digunakan
untuk mengoperasikan alat tertentu.
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif
tertentu.
Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi dari alat
musik tertentu.
Siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
pada suatu alat.
5. Memahami berbagai bentuk energi,
gaya dan gerak, perubahan manfaat,
serta pengaruhnya.
Siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan
penghematan energi.
Siswa dapat menyebutkan jenis tanah atau susunan
struktur bumi.
Disajikan pernyataan macam-macam kegiatan, siswa
dapat menyebutkan kegiatan untuk melestarikan
sumber daya alam.
6. Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, kegunaannya,
dampaknya bagi kehidupan, dan gejala
alam.
Siswa dapat menyebutkan jenis sumber daya alam yang
dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
Siswa dapat menyebutkan nama planet yang memiliki
ciri-ciri tertentu.
Siswa dapat menyebutkan jenis gerhana yang terjadi,
berdasarkan posisi bumi, bulan, dan matahari.
7. Memahami sistem tata surya.
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi atau dasar perhitungan
kalender masehi/Hijriah.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
18
9. ILMU PENGETAHUAN ALAM SDLB - B (TUNARUNGU)
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan gambar hewan tertentu, siswa dapat
mengidentifikasi ciri khusus yang dimilikinya.
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan tertentu.
Siswa dapat mengelompokkan hewan/tumbuhan
berdasarkan ciri-cirinya.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri perkembangan fisik
anak remaja laki-laki/perempuan.
Disajikan gambar hewan tertentu, siswa dapat
menyebutkan cara perkembangbiakannya.
1. Mendeskripsikan ciri-ciri mahkluk
hidup, penggolongan hewan dan
tumbuhan, cara perkembangan
biakan hewann dan tumbuhan, serta
perkembangan hewan dan manusia.
Siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan pada
tumbuhan.
Siswa dapat menyebutkan zat-zat yang
diperlukan/dihasilkan dalam proses fotosintesis.
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menyebutkan bagian yang dapat dimanfaatkan dari
hewan/tumbuhan tersebut untuk keperluan tertentu.
2. Memahami manfaat tumbuhan dan
hewan serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan/tumbuhan yang
perlu dilestarikan di daerah tertentu.
Disajikan gambar beberapa hewan/tumbuhan, siswa
dapat menentukan urutan rantai makanan di ekosistem
tertentu.
Siswa dapat menjelaskan contoh salah satu jenis
simbiosis pada ekosistem.
3. Memahami saling ketergantungan
antar makhluk hidup dan cara
penyesuian dirinya terhadap
lingkungan.
Disajikan gambar hewan/tumbuhan siswa dapat
menyebutkan cara penyesuaian diri hewan/ tumbuhan
dengan lingkungannya.
Siswa dapat menyebutkan fungsi rangka berdasarkan
gambar.
Siswa dapat menyebutkan bagian alat pencernaan
berdasarkan fungsinya.
Disajikan gambar sistem peredaran darah, siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian organ yang ditunjuk.
Siswa dapat menyebutkan bagian alat pernafasan
berdasarkan gambar.
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi bagian
alat indera berdasarkan fungsinya (mata/lidah/telinga).
Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan alat
indera tertentu.
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan fungsi
bagian tertentu dari tumbuhan.
4. Memahami bagian tubuh manusia,
hewan, dan tumbuhan beserta
fungsinya, menjelaskan kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menyebutkan organ tubuh yang terganggu
akibat penyakit tertentu pada manusia.
Siswa dapat menyebutkan sifat benda (padat, cair, gas).
Disajikan gambar/pernyataan siswa dapat menyebutkan
jenis perubahan wujud benda.
Siswa dapat menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan kegunaanya.
5. Memahami perubahan wujud benda,
kegunaannya dan pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari.
Siswa dapat menyebutkan contoh pengaruh suhu
terhadap benda pada kegiatan tertentu.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012
19
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menyebutkan
cara perpindahan panas (konduksi, radiasi, konveksi).
Disajikan beberapa nama benda, siswa dapat menentukan
jenis isolator/konduktor.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyebutkan
jenis gaya yang digunakan.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menunjukkan
gaya dapat mengubah bentuk/gerak suatu benda.
Disajikan beberapa gambar pesawat sederhana dalam
kegiatan sehari-hari, siswa dapat menunjukkan gambar
pesawat sederhana berdasarkan fungsinya.
Disajikan gambar alat/pernyataan, siswa dapat
menentukan jenis energi yang digunakan untuk
mengoperasikan alat tersebut.
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar percobaan cahaya, siswa dapat
menentukan sifat cahaya yang terjadi.
Disajikan gambar alat rumah tangga, siswa dapat
menentukan perubahan energi yang terjadi.
6. Memahami berbagai bentuk energi,
gaya dan gerak, perubahan manfaat,
serta pengaruhnya.
Siswa dapat menunjukkan contoh kegiatan penghematan
energi.
Disajikan pernyataan macam-macam kegiatan, siswa
dapat menunjukkan kegiatan untuk melestarikan sumber
daya alam.
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tanah atau
menyebutkan susunan struktur bumi.
7. Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, kegunaannya,
dampaknya bagi kehidupan, dan
gejala alam.
Siswa dapat menentukan manfaat salah satu sumber daya
alam.
Disajikan gambar tata surya, siswa dapat menyebutkan
nama planet yang ditunjuk.
Siswa dapat menunjukkan gambar gerhana tertentu.
8. Memahami sistem tata surya.
Siswa dapat menyebutkan akibat yang terjadi karena
gerakan bumi, bulan dan matahari atau dasar perhitungan
kalender masehi/hijriah.

Tidak ada komentar: