******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Rabu, 21 Desember 2011


ALAT PERAGA

TANGGA HALILINTAR



Pembaca yang budiman,pada kesempatan kali ini saya perkenalkan  media pembelajaran Tangga Halilintar. Anda dapat membuka gambar Tangga Halilinta di siniPeraturan permainannya sama dengan ular tangga hanya menambahkan beberapa variasi untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak peratuaran permainan Tangga Halilintar sebagai berikut:
1.             Siapkan peralatan permainan seperti : tangga halilintar, kartu soal, dadu, dan pion
2.             Letakkan alat permainan tangga halilintar pada meja
3.             Permainan dapat dilakukan lebih dari 2 siswa
4.             Penentuan siswa yang memulai permainan dahulu dapat dengan hompimpa
5.             Setiap anak melempar dadu secara berurutan sesuai kesepakatan
6.             Setelah melempar dadu, sebagai misal diperoleh angka dadu 3, maka pion dilangkahkan 3
7.             Bila ada yang memperoleh angka dadu 6 maka dapat melakukan pelemparan tambahan
8.             Bila menjumpai anak tangga misal no 4, maka ia berhak naik tangga dengan catatan dapat menjawab kartu soal yang sesuai di nomor tangga itu, jika tidak dapat menjawab kartu soal maka ia tetap berada di nomor 4
9.             Jika mendapatkan halilintar maka siswa harus mengambil soal kartu mata pelajaran sesuai dengan keberadaan pion miliknya untuk dijawab
10.         Jika siswa tidak dapat menjawab soal akibat halilintar, maka pion turun sampai akhir halilintar, dan bila dapat menjawabnya maka pion tidak turun.
11.         Kemenangan permainan adalah jika pion telah sampai di akhir nomor 24 (GOL)

Untuk meningkatkan level dapat disusun aturan main misalkan :
1.      Sebelum mengadakan pelemparan dadu siswa diwajibkan membuka kartu soal dan menjawab atau melakukannya
2.      Jika salah menjawab atau tidak dapat melakukan apa yang tertuang dalam kartu, tidak dapat melakukan pelemparan dadu, dan jika dapat menjawabnya maka diberi kesempatan melempar dadu
3.      Setiap akan melempar dadu, harus membuka atau mengambil dan menjawab kartu soal sesuai keberadaan pion miliknya. Dan bila menjawab salah tidak jadi melempar dadu

Tidak ada komentar: