******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Minggu, 18 Desember 2011


MUSIM LIBURAN TIBA.

He-heeee .. seperti orang di negeri Lain saja gini hari membicarakan perihal liburan? Memang .. yang namanya liburan umumnya tentu menyenangkan, tetapi ini tentunya khusus buat mereka-mereka yang kantongnya tebal dan atau buat mereka-mereka yang memang sudah sejak jauh-jauh hari sebelumnya menyiapkan acara liburan. Lha, ini yang dimaksud sebagai kebiasaan orang yang hidup di negeri Sono .. yang mana yang namanya masa liburan itu selalu diisi macam-macam kegiatan. Ada yang berwisata keluar kota atau keluar negeri. Ada yang sekedar bepergian ke tempat-tempat rekreasi di dalam kota bersama keluarga. Ada pula yang justru tinggal di rumah mengerjakan perbaikan-perbaikan rumah dan se-isi-nya.
Yang ingin disampaikan lebihlanjut di sini perihal musim liburan ini sebenarnya adalah suatu kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama oleh orang-orang yang hidup di negeri Sono, yaitu mereka sebelumnya selalu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada saat liburan tiba. Misalnya buat mereka yang ingin bepergian keluar negeri, maka jauh-jauh hari sebelumnya mereka telah melakukan pemesanan tiket perjalanan .. entah itu pesawat terbang, bis, kereta api atau kapal laut dan juga hotel tempat mereka menginap. Kalau ada satu lagi yang harus sudah dipesan jauh-jauh hari sebelumnya, maka itu adalah mobil dari perusahaan rental.
Kebiasaan orang yang hidup di negeri Sono sebagaimana yang saya sebutkan di atas kiranya sangat baik kita tiru, sebab mereka melakukan hal-hal yang disebut sebagai persiapan bukan melulu untuk urusan liburan saja tetapi juga dalam berbagai hal. Dan kalau di sini saya menggunakan penyebutan “kebiasaan orang yang hidup di negeri Sono” dan bukan “kebiasaan orang Sono”, maka itu cakupannya sudah jauh lebih luas lagi. Artinya : kebiasaan yang baik itu bukan merupakan mutlak milik mereka tetapi juga oleh siapa pun dan datang dari mana pun (termasuk yang datang dari Indonesia) yang hidup di negeri Sono secara otomatis akan mengikuti pola demikian, membiasakan diri mempersiapkan segala sesuatu pekerjaan apa pun secara baik dan sejak jauh-jauh hari. Istilah orang Jawa adalah .. agar tidak “grobyakan”.
Nah, buat anda sendiri bagaimana?
Apakah anda juga telah mempersiapkan segala sesuatunya berkenaan dengan musim liburan yang akan/telah tiba? Dan bagaimana pula persiapan-persiapan yang telah anda lakukan sebelumnya? Betapa pun musim liburan hanya akan diisi utuk kegiatan silaturahim kepada orangtua, famili atau teman-teman .. tetaplah persiapan agar acara tersebut berlangsung dengan baik dan penuh kesan harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.




Tidak ada komentar: