******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Senin, 19 Maret 2012

Hasil Tes CPNS Akan Diumumkan Langsung (Reformasi Birokrasi )


Pemerintah berencana melakukan uji coba pengumuman langsung tes pada proses penyeleksian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dalam mekanisme, perguruan tinggi yang diberikan wewenang untuk melakukan seleksi CPNS, tidak hanya menyusun dan memeriksa namun juga mengumumkan hasilnya.Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Ramli Naibaho, di Jakarta, kemarin, mengatakan, mekanisme itu rencananya mulai diterapkan pada penerimaan CPNS tahun ini. Menurut dia, dengan adanya perubahan mekanisme penyeleksian CPNS diharapkan mampu meminimalisir terjadinya praktik kecurangan.


“Selama ini kecurangan yang kerap muncul saal penyeleksian CPNS karena hasil tes peserta seleksi harus diinapkan dan tidak langsung diperiksa sehingga membuka peluang terjadinya kecurangan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/4). Selanjutnya untuk penerapannya, tutur Ramli, dalam waktu dekat ini pemerintah akan memanggil seluruh rektor perguruan tinggi negeri yang diberikan wewenang melakukan penyeleksian CPNS untuk membahas mekanisme tersebut lebih mendalam.

Dalam kaitan ini, pemerintah akan memastikan kapasitas kemampuan dari masing-masing perguruan tinggi dalam menerapkan sistem baru tersebut. “Kita akan menanyakan setiap perguruan tinggi mengenai kesiapan mereka. Jika mereka menyatakan siap, meski hanya satu atau dua perguruan tinggi, sistem satu paket ini akan tetap kita uji coba,” katanya.

Perbaikan Sistem

Ramli mengakui, perbaikan terhadap sistem penyeleksian dalam proses penerimaan CPNS terus dilakukan, termasuk rencana penggunaan teknologi computer assete test (CAT). Untuk diketahui, penerimaan CPNS 2011 rencananya akan digelar mulai September 2011. Terkait hal ini, Ramli berharap agar seluruh instansi pusat maupun daerah secepatnya menyiapkan estimasi mengenai formasi kebutuhan CPNS.

“Kita berharap tahun ini penerimaan CPNS dapat dilakukan lebih cepat waktunya. Karena itulah diharapkan pemerintah daerah mampu lebih proaktif menyiapkan rincian formasi kebutuhan CPNS,” ujarnya.

Sebab, hal ini sejalan dengan penetapan pemerintah pusat mengenai kuota CPNS dalam skala nasional yang akan dilakukan pada Mei 2011. Ramli menambahkan, kesiapan pemerintah daerah untuk secepatnya menyerahkan rincian formasi karena persoalan ini akan dibahas dengan DPR pada Juni mendatang.

     





Tidak ada komentar: