******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Jumat, 08 Desember 2023

Deretan Mobil Listrik Terbaik dan Populer 2023

Pemerintah terus mendorong dan menggenjot terciptanya ekosistem mobil listrik di Indonesia. Seiring waktu tren penjualan mobil listrik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.
Pertumbuhan ini menandakan masyarakat semakin mencari kendaraan yang ramah lingkungan. Pada semester pertama tahun ini, angka penjualan mobil listrik secara wholesales mencapai angka 5.849 unit.

Semakin tumbuhnya tren mobil listrik tersebut membuat pilihan produk yang tersedia di pasaran juga kian beragam, sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.


Beberapa produsen seperti Wuling, Hyundai, dan Nissan sudah secara aktif menjual mobil listrik mereka di pasar Indonesia. Para produsen ini menyuguhkan mobil listrik dari berbagai kelas dan sebagian besar sudah dijual.

Berikut deretan rekomendasi mobil listrik di Indonesia yang paling populer dan terbaik pada 2023 ini:

1. Wuling Air EV

Wuling Air EV pertama kali dipamerkan oleh Wuling Motors Indonesia tahun lalu dalam acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran. Mobil ini menjadi salah satu mobil listrik termurah yang dijual secara resmi di Indonesia.

Dari segi desain, mobil listrik harga Rp200 jutaan ini memiliki ukuran yang kecil namun tetap kompak, dan tampil semakin menarik dengan sentuhan futuristik pada bagian eksteriornya.

Dengan daya jelajah mencapai 200-300 km dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil listrik murah dari Wuling ini sudah cukup buat digunakan untuk mobilitas harian, seperti perjalanan pulang-pergi ke tempat kerja di dalam kota.

Secara keseluruhan, tersedia dua varian Wuling Air EV yang dijual di Indonesia. Varian Standard Range djiual seharga Rp238 juta dan varian Long Range: Rp295 juta. Kedua harganya tersebut On The Road (OTR) Jakarta.

2. Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 sebenarnya pertama kali diperkenalkan dan meluncur di Korea Selatan pada Januari 2016 silam. Namun, mobil listrik ini kemudian diproduksi di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Jawa Barat. Sebagai hasil kerja sama dengan Hyundai, produksi IONIQ 5
ini bisa disebut sebagai mobil listrik buatan Indonesia.

Sejak kehadirannya, mobil Hyundai ini langsung mencuri perhatian, sehingga banyak orang harus bersabar menunggu giliran untuk memilikinya. IONIQ 5 menggunakan baterai Lithium Ion yang didinginkan cairan (Liquid cooled) dengan kapasitas sebesar 58 kWh.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, IONIQ 5 memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 384 km. Untuk varian dengan kapasitas baterai lebih tinggi, yaitu 72,6 kWh, jarak tempuhnya dapat mencapai hingga 481 km.

Secara keseluruhan, tersedia empat varian IONIQ 5 yang dijual di Indonesia dengan harga OTR Jakarta yang bervariasi.

Varian IONIQ 5 Prime Standard Range dibanderol Rp718 juta, IONIQ 5 Prime Long Range Rp759 juta, IONIQ 5 Signature Standard Range Rp779 juta, dan IONIQ 5 Signature Long Range Rp829 juta.

3. Nissan Leaf

Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang secara resmi diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2021. Mobil ini berbentuk hatchback dan dapat menampung lima penumpang. Desain dan performa mobil ini masih sangat relevan meskipun usianya sudah sekitar 2 tahun sejak diluncurkan.

Salah satu hal yang menarik dari Nissan Leaf, yakni penampilannya yang tidak terlalu futuristik seperti kebanyakan kendaraan listrik lain. Mobil listrik ini memiliki desain yang lebih tenang namun tetap terlihat elegan.

Nissan Leaf menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh dengan tenaga sebesar 120 Hp. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 311 km.

Saat ini, tersedia dua varian Nissan Leaf dengan harga OTR Jakarta yang berbeda. Varian Leaf One Toned dibanderol Rp738 juta dan varian Leaf Two Toned Rp740 juta.

4. DFSK Gelora E

Mobil listrik DFSK Gelora E satu ini dirancang khusus untuk kebutuhan niaga, yang diklaim dapat menghemat biaya operasional. Gelora E menjadi mobil niaga listrik pertama yang diluncurkan di Indonesia.

Mobil listrik ini tersedia dalam dua tipe, yaitu Minibus dan Blind Van. Gelora E dilengkapi dengan baterai berkapasitas 42 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 300 km dengan satu kali pengisian daya penuh.

Menariknya, DFSK Gelora E menjadi salah satu mobil listrik yang digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali.

Ada dua varian DFSK Gelora E yang dijual di Indonesia dengan harga OTR Jakarta, yakni DFSK Gelora E Minibus dihargai Rp520 juta dan DFSK Gelora E Blind Van Rp490 juta.

5. Toyota bZ4X

Toyota bZ4X merupakan SUV listrik hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini menampilkan desain futuristik, performa tangguh, fitur canggih, dan ramah lingkungan. Selain itu, mobil ini memiliki jangkauan yang luas dan waktu pengisian baterai yang cepat.

Di negara asalnya, Jepang, Toyota bZ4X tersedia dengan dua opsi motor penggerak elektrik, yakni Front-Wheel Drive (FWD) dan All-Wheel Drive (AWD).

Kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh Toyota bZ4X 160 km/jam. Mobil listrik ini juga dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik untuk versi FWD atau 8,3 detik untuk versi AWD.

Toyota bZ4X menggunakan baterai Lithium-ion 355 volt dengan kapasitas total 71,4 kWh. Model FWD memiliki jangkauan sekitar 500 kilometer, sedangkan model AWD memiliki jarak tempuh sekitar 460 kilometer.

Di Indonesia, dengan harga OTR Jakarta, Toyota, bZ4X saat ini dibanderol hingga Rp1,19 miliaran. Varian Toyota bZ4X Panoramic Roof (One Tone Color) Rp1,19 miliar dan Toyota bZ4X Panoramic Roof (Two Tone Color) Rp1,198 miliar.



sumber : https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20231010141110-592-1009395/deretan-mobil-listrik-terbaik-dan-populer-2023-jangan-salah-pilih

Tidak ada komentar: