******HIDUP ADALAH UNTUK IBADAH ********JADIKAN SELURUH AKTIVITAS HIDUPMU UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT *********JALAN YANG LURUS ***********yaitu jalan orang-orang yang telah Allah berikan nikmat, bukan jalan yang dimurkai Allah dan juga bukan jalan yang sesat.

Sabtu, 22 Oktober 2011


RAMUAN ALAMI 2

Kesemek :Buah Kaki Yang Genit


Photo  Persimmon / Kaki
Photo Kesemek / Kaki
Buah yang aneh. Nama lengkapnya dalam bahasa Latin Diospyros kaki. Dari situlah muncul panggilan Buah Kaki atau Kaki Fruit / Kakifrucht, jadi bukan Buah Khakhi atau Khaki dan juga bukan Kakhi. Di negara kita tercinta buah ini bersolek genit pake bedak putih, dipanggilkesemek. Di Malaysia buahnya mungkin suka main ke semak2 makanya dipanggil Kesemak atau buah Samak atau Pisang Kaki. Di negaranya Obama vs Mc Cain Kaki menjelma menjadi Om Simmon yang pake per (Persimmon). Kalo nyebrang ke Israel atau ke Swedia Kaki menjadi wanita seksi Sharon Stone, disana Kaki disebut Sharon Fruit.
List panggilan buah ini al : kaki, persimmon, Chinese persimmon, Japanese persimmon, plaqueminier, raquemine, kaki-meca, Kakifrucht, kesemek, buah kaki, buah samak, tonloëp, phlap chin, thi hông, hông thi, oriental persimmon, sharon fruit.Diospyros kaki adalah Japanesse Persimmon. Jenis Diospyros yg lain ada Diospyros Virginiana(American Persimmon – asli USA bagian selatan) Diospyros dygina ( Black Persimmon asli Mexico), Diospyros discolor (Velvet Apel atau Mambolo yg asli Filipin).
Kaki ini dari segi rasa ada 2 jenis : astringent (sepat) dan non astringent (gak sepat atau sepatnya minim banget). Rasa sepat itu berasal dari Zat Tannin yg ada di dalam buah. Kesemek genit yg berbedak putih di Indonesia adalah yg jenis sepat. Bedak putih itu adalah bekas kapur yang menempel karena sigenit ini tanpa bedak gak akan laku krn sepat. Untuk menghilangkan sepat diperlukan perlakuan pasca panen berupa perendaman dengan air kapur selama minimal 24 jam. Ada sih kesemek yg non astringent di Indonesia yaitu Kesemek Junggo dari Batu Malang. Sayangnya kesemek Junggo gak akan kita temuin di pasaran Indonesia karena produksinya lebih banyak diekspor ke negara tetangga. Kalo di Jepang yg sepat itu yg jenis Hachiya, buahnya agak lonjong menyerupai hati, sedangkan jenis Fuyu gak sepat, bentuknya bulat.
Di negara 4 musim, Pohon Kesemek dapat di panen buahnya saat musim gugur dan menjelang musim dingin. Dari pengamatanku di Perancis, ada 2 jenis Kaki berdasar waktu panen : jenis “hâtive” dan “Tardive“. Jenis “hâtive” ini sdh bisa matang buahnya dibulan Oktober saat daunnya masih hijau, masih menggantung di pohon (liat foto bawah kanan, buahnya sdh orange (tanda matang) dengan daun hijau masih nempel). Jenis “Tardive” dipanen bulan November Desember saat daunnya udah gugur semua, tinggal buah aja di pu’un (lihat photo atas).
Persimmon atau Buah Kesemak ini bisa dimakan segar, sebagai buah kering maupun setelah diolah sebagai selai, atau kue. Aku sih selalu makan segar aja. Buah Kaki di Prancis umumnya yang rasanya manis, pernah aku makan yang rasanya manis dan kenyal2 seperti makan kelapa muda sampai2 langsung punya ide bikin KakiTart rasa Klappertart hahaha :-)
Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kesemek
Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 g kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 g, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg, dan asam askorbat 20 mg. Bandingakn dengan jeruk yang hanya zat aktif retinol 57 mcg/100 g-nya. Kesemek kaya akan serat, kandungannya dua kali lebih banyak dari apel, karena itu cocok dikonsumsi bagi yang menjalani program penurunan berat badan. Asyik juga dipakai untuk mencegah konstipasi (tapi jangan kebanyakan yak, ntar malah diare hihihih). Khasiat lainnya sebagai antioksidan, mencegah prematur aging dan menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas. Asyik kan ibu2, makan kesemek bisa langsing dan awet muda !

Tidak ada komentar: